Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang Allah SWT menghendaki kebaikan (Surga) baginya, niscaya ia dibuat pandai dalam ilmu agama." (HR. Al-Bukhari dari Muawiyah)

google search

Senin, Februari 09, 2009

CARA MENDAFTAR DI UNIVERSITAS ISLAM MADINAH


pintu gerbang Islamic University in Madinah


ALLAHU AKBAR, SUBHAANALLAH, AL-HAMDULILLAH, LAA ILAAHA ILLALLAH, WA LAA HAULA WALA QUWWATA ILLAA BILLAAAH...

sungguh bahagiaaaaa bangett bisa menimba ilmu di islamic university in madinah. gimana gak bangga, soale Allah swt sudah mengecualikan hamba yang lemah dan hina ini dengan kuliah disana atas seluruh rakyat indonesia yang jmlahnya kira2 25o juta itu. kalau gak salah. tentunya itu suatu hal yang sangat luar biasa.

tahu gak, mukafaahnya perbulan sebesar 85o reyal. tiap kamis bisa umrah ke Makkah, pulang jumat sore. tiap tahun bisa haji. dan sangat dihormati para jamaah haji lagi kalau ketahuan sebagai mahasiswa sana. bisa-bisa antum nanti ditawari jadi mantu gak sekali dua kali, tapi sampai puluhan kali.

belum nanti kalau datang bulan puasa. sungguh Ramadhan disana betul-betul karim banget. bisa-bisa antum duduk baca Al Qur`an atau sedang belajar, langsung ada orang datang tanya apakah anda seorang mahasiswa ketika anda menjawab "iya" langsung deh antum dikasih 500 sampai 1000 riyal.

itulah beberapa banyak hal yang banyak teman-teman kuliah di Mesir, Sudan, Marokko, dan negara-negara dunia lainnya iri kepada anda.
subhaanallah, al-hamdulillah ribuan kali, hingga tidak ada yang menghitungnya selain hanya ALLAH.



sudah melihat gambar di atas?
itu adalah pintu gerbang masuk Universitas Islam Madinah Saudi Arabia. oh bukan itu adalah gambar kuliah atau fakultas hadits. subhanallah begitu menawan.hingga menggambarkan betapa menawan hadits-hadits Rasulullah saw yang dipelajari di dalamnya. di sana antum harus menghafal 25o hadits persemester loh, kadang kurang dikit kadang lebih dikit. siap? kuat, masak gak kuat, imam Syafii aja yang gak pernah makan dunkin donat aja kuat. masak antum gak kuat. kalo gak kuat ya kuliah di iain sono aja. hihihi
Antum pengen tahu rasanya belajar di sana? sungguh sangat mudah caranya:
  1. anda harus banyak beribadah dan berdoa kepada Allah agar diiterima di sana. cukup terus meminta dengan keinginan tinggi pasti Allah mengabulkan doa antum2 semua.
  2. ijazah anda minimal harus jayyid jiddan. rata-rata 8 keatas. kalau rata2 7, insya Allah masih banyak universitas lain di Indonesia yang dengan senang hati menerima anda.
  3. ijazah anda tidak boleh berumur lebih dari empat tahun dari kelulusan anda. jika demikian berarti ijazah uda kadaluarsa dan anda tidak bisa menempuh pendidikan di sana.
  4. anda harus ikut tes kalau ada beberapa masyayikh yang datang ke Indonesia untuk mengetes dan mencari-cari mahasiswa untuk kuliah disana. biasanya mereka datang ke mahad ar-rayah sukabumi, atau mahad-mahad al irsyad. atau antum cukup bermurasalah. yakni kirim surat dan biodata yang sudah antum terjemah kesana.
  5. anda harus minimal hafal lima juz Al Qur`an, hafalan yang bagus tajwid dan tilawahnya. bukan hafalan yang glodak-glodak seperti rantai motor yang putus, hihihihi....
  6. setelah itu kumpulkan semua berkas berikut, tentunya yang sudah terjemahan:
  • ijazah terakhir
  • daftar nilai untuk mengetahui rata-rata antum
  • surat keterangan sehat dari dokter, bukan dari dukun. karena dukun gak punya stempelnya.
  • surat keterangan baik dari polisi. biar ada keterangan antum pernah pacaran opo ora hihihii....
  • akte kelahiran. biar ketahuan antum masih muda sehingga layak diterima atau udah tidak pantas.
  • tazkiyah atau rekomendasi dari yayasan satu saja. tapi jika dari pribadi or perorangan maka dua.
  • pas photo 4 X 6 sebanyak enam lembar.
  • perlu diingat antum bagusnya lulusan SMA, atau sederajat, yang baru lulus, bukan yang lulus tujuh tahun lalu.
jika semua berkas sudah disiapin, coba anda kirim ke Islamic University in Madinah, cukup cari alamatnya disini, antum akan membuka halaman seperti ini.
jangan lupa, klik yang bertuliskan:
نموذج التسجيل لغير السعوديين
registration for non-Saudi students form



kalau antum mengklik yang lain, maka yang keluar bukan untuk antum, karena antm bukan orang saudi. yang itu kan bertuliskan lighair as-su`udiyyin, alias untuk selain saudi.

oh iya perlu ana beritahukan pula, Islamic university juga ada kelas bayar loh, kalau tidak salah setiap semesternya bayar 3000 riyal. khusus bagi non saudi harus ada surat asli dari orang yang mengkafalahinya. jika antum bisa mencari orang saudi yang mau membiayai antum, antum cukup dengan rata-rata 6 ke atas insya Allah bisa masuk dengan membayar.


perlu antum perhatikan, jangan sembarangan mengisi formulir yang tercantum disitu. bagusnya antum isi dengan benar dan cermat. jangan angger isi kemudian kirim. karena formulir itu bukan untuk main-main. bisa-bisa nanti perbuatan antum yang main-main itu menyusahkan ikhwah lainnya yang ingin mendaftar. karena ini termasuk cara termudah untuk mendaftar kesana. yaitu via internet.
cuma antum harus punya paspor dulu ya.
tapi ana yakin, jika antum pintar, mumtaz dan sudah punya paspor pasti keterima insya Allah. harus yakin kepada Allah, pasti Allah tidak akan mengecewakan antum. tapi jika antum ragu, atau misalnya nilai pas-pasan,tapi punya duit untuk bikin paspor, nah seperti itu yang harus ragu, heeehhehe...

oh iya hampir lupa. untuk informasi yang kuliah dengan bayar 3000 persemester, antum klik disini,
untuk mengetahui syarat-syarat pendaftaran bagi selain Saudi antum klik disini. ok?


tapi biar antum gak susah2 nih ana cantumkan di bawah sini ya:

شروط القبول في المرحلة الجامعية لغير السعوديين :

1- أن يكون حاصلاَ على الشهادة الثانوية أو ما يعادلها من داخل المملكة أو خارجها.

Sudah mendapat ijazah SMA atau yang sederajat baik dari Saudi maupun luar saudi
2- أن لا يكون قد مضى على حصوله على الشهادة الثانوية أو ما يعادلها مدة تزيد عن خمس سنوات.

Ijazah yang didapatnya tidak berumur lebih dari lima tahun.
3- أن لا يكون مفصولا من جامعة أخرى لأسباب تأديبية أو أكاديمية.

Tidak pernah dikeluarkan dari universitas lain karena sebab2 moral atau akademi
4- أن يكون المتقدم لكلية القرآن حافظاَ للقرآن كاملاَ.

hendaknya yang mendaftar ke fakultas Al Quran sudah hafal 30 juz
5- ألا يزيد سن طالب المنحة عن خمس وعشرين سنة.
umur pendaftar tidak lebih dari 25 tahun


المستندات الواجب تقديها للجامعة:

Berkas2 yang wajib dipenuhi

1- الشهادة الدراسية الأخيرة التي حصل عليها.

Ijazah terakhir
2- بيان بالدرجات والتقديرات التي حصل عليها الطالب في السنة الأخيرة .

Daftar nilai dan rata-rata akhir yang diperoleh sang pendaftar
3- شهادة بحسن السيرة والسلوك صادرة من المدرسة التي تخرج فيها.

Surat keterangan kelakuan baik dari sekolahan
4- شهادة الميلاد صادرة من جهة معتمدة.

Akte kelahiran yang resmi, bukan bikin sendiri
5- تقرير طبي بسلامة بصره وأعضائه وخلوة من الأمراض السارية صادر من جهة معتمدة .

Surat keterangan dokter yang menerangkan bahwa pendaftar penglihatannya bagus, seluruh organnya juga bagus, tidak mengidap penyakit menular. Dan surat ini resmi dari rumah sakit atau dokter
6- ست صور شمسية حديثة مقاس 4X6

Pas photo 6x4 enam lembar
7- تعريف بالطالب من إحدى المؤسسات الإسلامية في البلد الذي يقيم فيه الطالب أو من شخصيتين إسلاميتين ممن تعرفهم الجامعة يتضمن بيان حال الطالب بأنه من المحافظين على أداء الفرائض ومن المتمسكين بالآداب الإسلامية..

Rekomendasi dari yayasan yang ada di tempt tinggal sang pendaftar. Atau dari dua orang yang dikenal oleh universitas. Menerangkan bahwa sang pendaftar orang yang berakhlaq islami dan selalu menunaikan kewajiban agama.
8- صورة جواز السفر أو إثبات الجنسية

Foto copy paspor atau penetapan warga Negara.

yah, ana doakan siapa pun yang mendaftar semoga diterima. agar orang indonesia banyak yang tahu agama dengan masuknya antum-antum kesana. kasihan orang indonesi itu bodoh-bodoh, katanya islam tapi untuk ngaji (bukan ngarang biji) tapi baca quran banyak yang gak bisa. bisanya pacara mulu. sampek kayak ular berbisa doang. hihih.



wassalamu`alaikum

2 komentar:

  1. Bismillah,assalamu'alaikum warohmatulloh, Akhi fillah, kemaren ana baru pengumuman (alhamdulillah ana lulus dari SMA 1 Purworejo) dan qodarullah nilai rata-rata ujian ana ga sampek 8. Cuman 7,3. Ana jadi sedikit merasa menyesal... Sebenarnya ana punya semangat buat ngaji di para masayikh. Tapi ana ga punya banyak uang dan nilai cuman ngepass. Boleh minta nasihatnya ya Akhii... Atau mgkin antum punya solusi lain buat orang-orang seperti ana. Bagaimana biar bisa ngaji di Madinah mungkin di tempat2 para masayikh di saudi. Jazakumulloh Khoiron. Antum bisa kirimkan saran dan solusi antum ke abuzakariyya5@gmail.com. Barokallohufiikum.

    BalasHapus
  2. bisa gak akhwat belajar di universitas ini?

    BalasHapus

MUDAH-MUDAHAN SEMUANYA BERMANFAAT...