Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang Allah SWT menghendaki kebaikan (Surga) baginya, niscaya ia dibuat pandai dalam ilmu agama." (HR. Al-Bukhari dari Muawiyah)

google search

Jumat, Oktober 31, 2008

AGAR ANAK MENJADI SHALIH DAN SHALIHAH

Menurut kitab suci, anak durhaka memang telah ada sejak manusia itu ada. Menurut ahli sejarah, anak durhaka telah ada sejak zaman dahulu.

Sejak dunia berkembang hingga kini, masalah anak durhaka memang tidak pernah surut dari pemberitaan dan perhatian masyarakat. Mulai dari masyarakat pedesaan maupun di masyarakat perkotaan. Bahkan di dalam dunia yang sudah modern ini, malah makin banyak problem anak durhaka, anak nakal, gejala demoralisasi dan degradasi pemuda sehingga para pendidik cenderung menganggap masalah tersebut merupakan salah satu kehancuran umat manusia.

Bagi setiap muslim yang sadar akan agamanya dan memperhatikan nilai-nilai keakhiratan, menghadapi problema yang "darurat" ini telah mempunyai suatu sikap hidup dan konsep yang lahir dari suatu pendangan hidup yang diajarkan Islam. Dalam hal ini, anak shalih yang diharapkan terwujud dari anak-anak orang muslim adalah merupakan suatu kebanggaan yang didambakan orangtuanya.Mempunyai anak shalih adalah suatu cita-cita yang harus tercapai yang hal tersebut merupakan sebahagian dari tujuan hidupnya.

Bagaimana mendidik anak agar menjadi anak yang shalih/shaliha?

1. Menerapkan nilai-nilai ketauhidan kepada Sang Kholik

2. Memberi tauladan yang baik kepada anak-anak

3. Sering melakukan diskusi terbuka dalam hal pendidikan

4. Memberi contoh dalam beribadah

5. Mengawasi pergaulan anak

6. Memberi pengetahuan tentang norma-norma dalam hidup bermasyarakat

7. Memberi kasih sayang yang tulus kepada sang buah hati

8. Tidak menerapkan kekerasan dalam mendidik

9. Ayah dan Ibu harus bekerjasama dalam membina keluarga yang harmonis

10. Menyekolahkan di sekolah yang bermutu namun terjangkau dll.


Sesungguhnya kasih sayang orang tua kepada anak yang tertanam sedini mungkin didalam hati sang permata hati akan membuat anak merasa tenang dan nyaman didalam keluarga sehingga konflik didalam keluarga pun akan cepat mereda.

Dalam Islam, kita harus selalu berbakti kepada orang tua dan hal ini harus juga tertanam pada anak. Hal ini tertuang pada Sabda Rasul: "Amal perbuatan yang amat disukai oleh Allah ialah: shalat tepat pada waktunya, kemudian berbakti pada orang tua, dan berjihad di jalan Allah" (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu, kita harus mendidik anak kita agar menjadi shalih dan shaliha sedini mungkin agar kelak anak kita tumbuh seperti apa yang dicita-citakan oleh orang tua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

MUDAH-MUDAHAN SEMUANYA BERMANFAAT...