Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang Allah SWT menghendaki kebaikan (Surga) baginya, niscaya ia dibuat pandai dalam ilmu agama." (HR. Al-Bukhari dari Muawiyah)

google search

Sabtu, November 15, 2008

Menuju Rumah Tangga Harmonis 4

oleh : Departemen Ilmiah Darul Wathan


  • Memiliki agama.
  • Berperangai baik.
  • Cantik.
  • Maharnya murah.
  • Gadis perawan.
  • Memiliki banyak keturunan (berpotensi punya banyak anak).
  • Memiliki garis keturunan yang shalih.

  • Pernikahan merupakan kekuatan (power) umat, membentuk generasi-generasi pemuda baru (kader umat) dan dapat menggentarkan musuh-musuh Islam.

    Pernikahan adalah sarana untuk meningkatkan kwantitas umat dan memakmurkan bumi Allah Subhaanahu wa ta'ala. Oleh karenanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sangat menganjurkan untuk menikahi wanita-wanita yang memiliki banyak keturunan (al-walud), sebagaimana sabda beliau shallallahu 'alaihi wasallam,

    تَزَوَّجُوا الْوَدُوْدَ الْوَلُوْدَ، فَإِنِّيْ مُكَاثِرٌ بِكُمُ الْأُمَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.

    "Nikahilah wanita yang penyayang lagi memiliki banyak keturunan, maka sesungguhnya aku akan berbangga-bangga dengan banyaknya kalian di depan umat lainnya pada hari Kiamat." (HR. Abu Daud, an-Nasa`i dan Ahmad).

  • Pernikahan sebagai sarana perkenalan dan pertemuan di antara beberapa keluarga.

    Sehingga terjalinlah kasih sayang dan persaudaraan di antara kaum muslimin. Allah Subhaanahu wa ta'ala berfirman,

    يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

    "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu." (Al-Hujurat: 13)

    Sejarah telah membuktikan, bahwa banyak suku-suku dan bangsa-bangsa yang dahulu tidak pernah akur, saling berseteru satu dengan yang lainnya, bahkan seakan menjadi permusuhan yang abadi dan peperangan yang tak ada akhir-nya, maka tatkala terjadi pernikahan silang di antara suku-suku dan bangsa-bangsa yang berseteru tersebut, hilanglah permusuhan dan padamlah api kemarahan, berganti kasih sayang dan persaudaraan serta rahmat dan saling tolong-menolong di antara mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

MUDAH-MUDAHAN SEMUANYA BERMANFAAT...